Warung Online
Headlines News :
mas template
Home » » Cara Mudah Membuat Rating Bintang Rich Snippets di Blog

Cara Mudah Membuat Rating Bintang Rich Snippets di Blog

Written By Trik Cari Duit on Senin, 06 Februari 2012 | 13.03

Cara Mudah Membuat Rating Bintang Rich Snippets di Blog - Sudah lama rasanya tidak update tutorial blog, malam ini saya ingin berbagi kepada sobat-sobat semua tentang Cara Mudah Membuat Rating Bintang Rich Snippets di hasil pencarian / search Google. Sebenarnya sudah banyak Blog yang membahas tentang memasang Rating Bintang atau yang lebih populer dengan sebutan Rich Snippets di Blog. Jadi tidak ada salahnya bila saya pun ingin berbagi kepada sobat semua.
Sebelum sobat Membuat Rating Bintang atau Rich Snippet, terlebih dahulu sobat mengetaui Apa itu Rich Snippet? arti dari Rich Snippet itu sendiri adalah data tambahan dari blog atau postingan sobat yang akan ikut ditampilkan pada halaman hasil pencarian / search Google (SERP). Berbagai data dari hasil mesin pencarian yang bisa dimasukkan seperti rating bintang(stars), vote, author, tanggal, dan banyak masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat lihat SS dibawah ini:
Cara Mudah Membuat Rating Bintang Rich Snippets di Blog
Nah, bila sobat tertarik ingin membuat Rating Bintang atau Rich Snippets di Blog sobat. Silahkan ikuti Langkah - langkah nya dibawah ini:
  • Syarat utama untuk membuat Rating Bintang atau Rich Snippets ini, terlebih dahulu sobat harus mempunyai account Google+, untuk cara membuat account Google+, silahkan sobat baca postingan saya sebelumnya mengenai Cara Daftar Google Plus +,
  • Selanjutnya menghubungkan page google+ dengan Blog sobat, Caranya: Tambahkan code berikut tepat dibawah code <head>
    <link href='https://plus.google.com/101922883122912704290' rel='publisher'/>

Nb: Untuk code berwarna biru diatas, ganti dengan code halaman google+ sobat, caranya: Buka account google+ sobat, kemudian lihat addres bar di browser sobat, supaya lebih jelasnya, silahkan sobat lihat SS dibawah ini:

Cara Mudah Membuat Rating Bintang Rich Snippets di Blog
  • Setelah sobat selesai melakukan dua cara diatas, silahkan cek salah satu link postingan blog sobat di Rich Snippets Testing Tools. Bila status data "Publisher" sudah ter "Verified", berarti sobat bisa lanjut ke tahap selanjutnya.
Cara Mudah Membuat Rating Bintang Rich Snippets di Blog

Langkah selanjutnya, Cara Mudah Membuat Rating Bintang Rich Snippets di Blog:

1. Buka Tab Rancangan, kemudian klik Edit HTML, untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ada baiknya bila sobat BackUp Template terlebih dahulu. setelah selesai BackUp Template, beri tanda centang padaExpand Template Widget

2. Masukkan kode dibawah ini setelah tag <body> :
<div>
<div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>
Kemudian cari code </body> letakkan kode dibawah ini sebelum tag </body>
</div></div>
3. Masih pada edit HTML Template, cari kode Judul Postingan sobat, karena blog ini menggunakan tag h1 sebagai judul posting, maka bentuk kodenya kurang lebih seperti SS dibawah ini:

Cara Mudah Membuat Rating Bintang Rich Snippets di Blog
Tambahkan kode di bawah ini di Atas Judul Posting Blog:
<span itemprop='itemreviewed'><span itemprop='description'>

Judul Posting Blog

</span></span>
Nb: Setiap Template pasti berbeda-beda kode Judul Posting seperti tag h1, h2, dan h3, jadi sesuaikan dengan tag Judul Posting Blog sobat.

4. Selanjutnya mencari kode Author untuk Rich Snippets, biasanya kode Post Author di tuliskan seperti ini, "posted by..." , "dipost kan oleh..." , dll. Cari kode HTML untuk Post Author, contoh kode HTML untuk Post Author di template blog ini kurang lebih seperti ini <data:post.author/>.

Setelah ketemu kode post author <data:post.author/>, tambahkan kode untuk rich snippets nya menjadi
<span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span>

5. Memasang Jumlah Rating Bintang Rich Snippet.
sekarang saatnya sobat Memasang Jumlah Rating Bintang Rich Snippet di Blogger dari rentang 1 - 5 (sesuai jumlah bintang yang sobat inginkan).

Ada 2 cara untuk memasang jumlah rating bintang rich snippets ini.
  • Cara Manual:  tambahkan kode Rating: <span itemprop="rating">4.5</span> di akhir posting sobat sebelum mem-publish postingan.
  • Cara ini menurut saya lebih mempermudah sobat tanpa harus menambahkan kode secara manual, sobat simpan saja kode tersebut ke "Template Entri", agar setiap kita ingin posting, kita bisa memasukkan nilai rating saat itu juga.
  • Caranya sebagai berikut: Pertama-tama sobat masuk ke Dashboard Blogspot. Pilih tab Setting atau Setelan kemudian klik tab Format. Lihat paling bawah ada tulisan "Entry Template / Templat Entri" Tambahkan kode rich snippet ini: Rating: <span itemprop="rating">4.5</span>
    Simpan setelan / Save
Nb: Setiap kamu membuat postingan, ubah angka "4.5" tersebut sesuai keinginan. Jumlah pada rating ini adalah jumlah bintang yang akan ditampilkan di hasil pencarian (SERP), dengan nilai terendah adalah "0.5" hingga tertinggi adalah "5".

6. Setelah semuanya selesai, jangan lupa untuk mengecek di Rich Snippets Testing Tools, untuk mengetahui apakah rating bintang atau rich snippets yang telah sobat pasang pada blog, bekerja dengan baik.

Gimana? sangat mudah bukan Cara Mudah Membuat Rating Bintang Rich Snippets di Blog..!!!
Bila ada kesulitan, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar yah sob... Jangan lupa dukung saya di kontes Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik.

Semoga postingan ini bermanfaat....
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Bisnis Hot
Bisnis Hot
 


Copyright © . Tips N Trik - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger